Tag: cara atasi diabetes

Pencegahan Diabetes Merupakan Salah Satu Cara Yang Paling Efektif Sebagai Cara Atasi Diabetes

Cara Atasi Diabetes Dengan Cara Melakukan Pencegahan Terhadap Diabetes Mulai Dari Sekarang

Sebelum menginjak informasi mengenai cara atasi diabetes, sebaiknya anda paham betul dengan diabetes itu. Diebetes melitus (DM) atau yang biasa disebut dengan diabetes merupakan salah satu penyakit gangguan metabolik atau biasa disebut dengan penyakit degeneratif yang menahun atau kronis yang disebabkan oleh pankreas yang tidak mampu meproduksi cukup insulin atau tubuh tidak bisa menggunakan insulin secara efektif yang sudah diproduksi oleh pankreas. Insulin adalah suatu hormon yang berfungsi sebagai pengatur keseimbangan atau kestabilan kadar gula dalam darah. Akibatnya apabila tubuh tidak mampu menggunakan hormon insulin secara efektif atau pankreas tidak mampu memproduksi insulin yang cukup akan mengakibatkan semakin meningkatnya kadar gula dalam darah atau biasa disebut dengan hiperglikemia. Pada dasarnya terdapat dua kategori diabetes yakni diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Diabetes tipe 1 diakibatkan oleh kurangnya produksi hormon insulin oleh pankreas. Sedangkan diabetes tipe 2 disebabkan karena tubuh kurang mampu menggunakan hormon insulin secara efektif. Nah, diabetes tipe 2 inilah yang paling banyak diderita, yakni sekitar 90%.

Menurut banyak penelitian, sekitar tahun 1980-an, angka kejadian diabetes pada penduduk usia 15 tahun ke atas sebesar 1,5-2,3% dengan prevalensi di daerah rural atau pedesaan lebih rendah dibandingkan daerah perkotaan. Mengapa akhir-akhir ini kejadian diabetes semakin meningkat? Hal itu disebabkan banyak faktor, tidak bisa apabila hanya dipandang dari 1 faktor saja. Lalu, apakah faktor resiko ini merupakan kunci cara atasi diabetes? Pada dasarnya, faktor resiko diabetes terbagi menjadi 2 faktor, yakni faktor yang dapat diubah serta faktor yang tidak dapat diubah. Faktor yang dapat diubah merupakan faktor yang berasal dari luar tubuh penderita, sedangkan faktor yang tidak bisa diubah merupakan faktor yang berasal dari dalam tubuh penderita. Berikut ini akan disajikan beberapa faktor resiko kejadian diabetes.

  • Faktor resiko yang tidak dapat diubah.
    • Usia

Usia merupakan salah satu faktor resiko yang tidak bisa diubah. Mayoritas, orang terkena diabetes pada usia yang senja. Hal itu dikarenakan semakin meningkatnya usia, maka kinerja organ di dalam tubuh semakin berkurang keefektifitasannya.

  • Jenis kelamin

Meskipun jenis kelamin tidak berpengaruh besar terhadap kejadian diabetes melitus, namun jenis kelamin juga menjadi salah satu faktor resikonya. Hal itu dapat dibuktikan dengan penderita diabetes lebih banyak disandang oleh perempuan daripada laki-laki, karena laki-laki dianggap sebagai tulang punggung keluarga yang setiap hari bekerja (otomatis selalu melakukan aktivitas fisik secara rutin), meskipun hal tersebut tidak mutlak.

  • Ras/suku

Ras atau suku juga merupakan salah satu faktor resiko diabetes yang tidak bisa diubah. Contohnya misalnya yakni suku Minangkabau yang masakannya cenderung berlemak dan bersantan akan semakin membuat tubuh menjadi mudah untuk terkena obesitas. Obesitas merupakan salah satu faktor resiko terjadinya diabetes.

  • Faktor resiko yang dapat diubah.
    • Obesitas

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa obesitas merupakan salah satu faktor resiko terjadinya diabetes. Obesitas menandakan bahwa banyaknya gula darah yang masuk ke dalam tubuh, namun tidak dapat digunakan secara optimal oleh tubuh sehingga gula darah yang tidak terpakai akan disimpan dalam jaringan dalam bentuk lemak.

  • Diet atau pola makan

Pola makan merupakan salah satu faktor resiko diabetes yang berpengaruh. Pasalnya pola makan yang salah akan berakibat semakin mudahnya seseorang untuk terkena penyakit diabetes. Misalnya pola makan yang tidak teratur, suka makan atau ngemil gorengan, suka makan yang manis-manis (termasuk dengan pemanis buatan) pada malam hari, suka makanan yang bersantan dan berlemak.

  • Aktivitas fisik

Aktfivitas fisik merupakan salah satu faktor resiko terjadinya diabetes, namun bukan hanya itu, aktivitas fisik merupakan salah satu faktor penentu tingkat kebugaran seorang individu. Pasalnya dengan aktivitas fisik yang cukup, maka metabolisme di dalam tubuh akan semakin aktif sehingga lemak atau timbunan gula yang ada di dalam tubuh dapat dibakar secara optimal.

Berdasarkan faktor resiko yang sudah disebutkan di atas, maka terdapat pula bagaimana cara pencegahan agar tidak mengalami penyakit diabetes. Beberapa cara pencegahan penyakit diabetes adalah sebagai berikut.

  • Lakukan aktivitas fisik secara teratur maksimal 3 kali dalam seminggu dengan pola sehari latihan sehari tidak. Hal itu dilakukan agar tubuh memiliki waktu untuk melakukan recovery.
  • Lakukan pola makan atau diet yang seimbang. Dalam mengkonsumsi karbohidrat tidak boleh terlalu banyak, namun perbanyak asupan protein dan vitamin. Selain itu kurangi makanan yang berlemak dan bersantan (termasuk makanan yang digoreng).

Mengenai penanganan, biasanya penderita diabetes tipe 1 akan menyuntikkan hormon insulin ke dalam tubuhnya setiap hari. Hal itu dimaksudkan agar hormon insulin di dalam tubuh tetap seimbang. Diabetes seringkali menyebabkan komplikasi yang sangat fatal bagi para penderitanya. Komplikasi tersebut dapat berupa:

  • Meningkatnya resiko penyakit jantung dan stroke
  • Terjadinya kerusakan saraf di kaki yang akan semakin meningkatkan kejadian ulkus atau luka di kaki, hingga terjadi infeksi bahkan keharusan untuk dilakukan amputasi agar tidak menjalar ke bagian tubuh yang lain
  • Retinopati diabetikum merupakan salah satu gangguan pada mata yang disebabkan oleh rusaknya pembuluh darah kecil di bagian retina mata
  • Semakin meningkatnya resiko kematian pada penderita diabetes yang menjadi dua kali lebih tinggi dibandingkan dengan seseorang yang tidak terkena penyakit diabetes.

Saat ini sudah terdapat beberapa program dari pemerintah yang bertujuan untuk melakukan pengendalian penyakit diabetes maupunpenyakit degeneratif lainnya, yakni pendekatan faktor resiko penyakit tidak menular yang terintegrasi di fasilitas kesehatan layanan primer, terdapatnya pos pembinaan terpadu penyakit tidak menular atau yang biasa disebut dengan Posbindu PTM, serta slogan “CERDIK” yang berarti cek kondisi kesehatan anda secara berkala, jauhkan diri dari asap rokok, gunakan waktu untuk melakukan aktivitas fisik, diet secara sehat dengan kalori seimbang, luangkan waktu untuk istirahat cukup, serta kendalikan stres.

Beban penyakit diabetes bukan hanya merupakan beban bagi penderita saja, namun merupakan beban dari seluruh pihak, baik pemerintah maupun keluarga penderita. Maka dari itu, kegiatan pencegahan diabetes sebagai salah satu cara atasi diabetes memang perlu digalakkan oleh semua orang, bukan hanya pemerintah saja, melainkan semua individu harus menerapkan pola pencegahan diabetes ini.

Oleh karena itu sebagai individu yang masih sehat dan normal, tidak ada salahnya untuk selalu melakukan tindakan pencegahan penyakit diabetes mulai dari sekarang. Anda bisa memulai dari diri anda sendiri. Melakukan tindakan pencegahan mulai sekarang akan berdampak sangat baik bagi kesehatan anda di masa yang akan datang. Pencegahan diabetes merupakan salah satu cara yang paling efektif sebagai cara atasi diabetes. Dengan mulai dari diri anda sendiri sekarang, anda akan bisa menularkan kebiasaan baik anda kepada orang lain di sekitar anda sehingga akan banyak orang semakin tahu bahwa cara atasi diabetes salah satu caranya dengan melakukan pencegahan secara dini terhadap penyakit diabetes sendiri. kunjungi website berikut http://diabetes-melitus.net/daniel/.